Blog Arozaq >> Blog Tempat Arozaq Berbagi Ilmu >> Dengan Blog Kita Sukses >> Blog Arozaq >> Tempat Berinspirasi Menuahkan Semua Isi Fikiran dan Semoga Bermanfaat

Thursday, September 2, 2010

Home » » » Ubah Background Web dengan Javascript

Ubah Background Web dengan Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien, jadi gak perlu install server web localhost untuk menjalankannya.
Jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan pemrograman JavaScript, diantaranya JavaScript adalah “case sensitive”, yang artinya JavaScript membedakan huruf besar dan huruf kecil, Jika Anda pernah belajar bahasa pemrograman seperti Turbo C atau C++, maka sama seperti bahasa pemrograman tersebut, dimana huruf T tidak sama dengan huruf t. Dalam bahasa pemrograman JavaScript juga, sebagai contoh fungsi perintah var tidak boleh ditulis Var dan juga tidak boleh ditulis VAR (huruf besar semua), yang benar adalah var (huruf kecil semua). Perintah lain adalah new Date tidak boleh ditulis new date (huruf kecil semua), dan banyak yang lainnya.
Berikut kode javascript untuk membuat link yang bisa menyulap warna latar belakang website. Berikut adalah websitenya:

<a href="#" onMouseOver="document.bgColor='red'">Warna Merah</a>
<a href="#" onMouseOver="document.bgColor='blue'">Warna Biru</a>
<a href="#" onMouseOver="document.bgColor='green'">Warna Hijau</a>

Silakan simpan di halaman web atau blog, kemudian langsung uji coba script.

PENJELASAN SCRIPT
Sedikit penjelasan untuk kumpulan kode di atas.

Pertama kita simpan tulisan Warna Merah, Warna Biru dan Warna Hijau di dalam tag <a> yang artinya memberikan link. Tapi biar ketika diklik gak lari ke halaman lain, maka kita isikan href nya dengan tanda pagar (#).

onMouseOver="document.bgColor='blue'"

Kode di atas berarti ketika kursor berada di atas text, maka jalankan perintah mengubah warna latar dengan javascript document.bgColor='blue' .

Sekian, jika ingin mengganti warnanya silakan ganti tulisan blue dengan warna lainnya.

Related Posts by Categories



Widget by arozaq.com

2 comments: